Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur Sehat Berkhasiat

Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur ~ Setiap orang pasti mengetahui bahwa jamu memiliki rasa pahit di lidah. Sungguh tak enak apabila diminum. Namun, lain kisahnya jika yang diminum itu adalah jamu beras kencur.  Jamu beras kencur merupakan  salah satu minuman kesehatan nusantara yang paling banyak diminati untuk dikonsumsi orang. Selain itu, jamu beras kencur manfaat nya banyak dan berkhasiat, rasa ramuan ini pun nikmat dan membuat badan menjadi fresh.

Untuk meningkatkan rasa nafsu makan ramuan jamu beras kencur bisa kita gunakan. Selain itu, manfaat beras kencur bisa juga untuk menghilangkan masuk angin. Jamu beras kencur memiliki aroma yang khas sehingga mudah sekali kita mengenalinya.

Untuk membuat ramuan jamu beras kencur mudah sekali dilakukan. Namun, tentunya kita ingin mengetahui resepnya  agar jamu beras kencur tersebut terasa enak dan menyegarkan. Lalu, bagaimanakah cara membuatnya untuk memiliki citra rasa yang enak pada ramuan jamu beras kencur tersebut?

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat ramuan jamu beras kencur adalah 1/2 sendok makan asam jawa, air sebanyak 1500 ml, 125 gram kencur, 150 gram gula jawa, 50 gram beras putih, 5 sendok makan gula pasir dan 5 cm jahe.

Praktek cara membuat jamu beras kencur:

  1. Cucilah hingga bersih 50 gram beras yang sudah dipersiapkan, kemudian rendamlah ke dalam air lebih kurang 1 jam.
  2. Rebuslah 1/2 sendok asam jawa, 5 sendok makan gula pasir, 150 gram gula merah dan 5 cm jahe dengan air hingga mendidih. Kemudian, tunggulah sampai hangat atau agak dingin lalu kemudian  saring airnya.
  3. Cuci hingga bersih 125 gram kencur yang masih terlihat segar. Kemudian, kupaslah kulitnya dan di potong-potong.
  4. Lalu, tiriskan air rendaman beras yang sudah kita rendam sebelumnya. Gunakan peralatan blender untuk menghaluskan beras, kencur, dan air rebusan gula tadi.
  5. Kemudian, saringlah jamu beras kencur. Lalu, peras ampas-ampas blenderan tadi sehingga  menjadi kering.
Demikianlah resep cara membuat jamu beras kencur yang segar dan terasa enak untuk diminum. Jamu beras kencur akan menghasilkan seperti buih-buih dan rasanya pengar apabila disimpan dengan waktu yang lama, terutama di suhu normal. Jadi, alangkah baiknya sebisa mungkin janganlah sampai didiamkan lebih dari waktu 24 jam.



0 comments