Ramuan Dan Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Untuk Diet

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Untuk Diet

Aturan minum jamu kunyit asam untuk diet ~ Jamu kunyit asam merupakan salah satu minuman kesehatan tradisional yang terkenal di kalangan orang Indonesia. Jamu kunyit asam pada saat ini memang jadi salah satu diantara jamu pelangsing yang banyak dipakai. Selain dipakai menjadi minuman pelangsing, juga bisa digunakan untuk penurun nafsu makan. Karena itu jamu kunyit asam banyak dipakai oleh orang- orang yang mempunyai masalah dengan berat badan mereka.

Langkah Membuat Jamu Kunyit Asam 

Beberapa bahan :

Jamu kunyit asam tradisionil
~130 g kunyit
~15 sendok air asam jawa
~250 g gula pasir
~Air seperlunya

Langkah membuat :

Bersihkan bersih kunyit, setelah itu buang kulitnya lewat cara dikupas atau dikerok.

Blender kunyit dengan penambahan dikit air. Saring, mengambil sarinya dan juga sisihkan ampasnya.

Sediakan panci, rebus sari kunyit dan juga gula pasir.

Aduk terus menerus sampai gula larut dengan sempurna. Sari kunyit akan mendidih dan juga menyebabkan busa.

Kecilkan api. Setelah itu pada saat busa mulai turun dan juga sari kunyit menjadi tepung, tambahkan air asam jawa satu sendok, aduk perlahan-lahan.

Tambahkan air asam jawa sekalian diaduk-aduk perlahan-lahan, lakukan terus menerus sampai 15 sendok asam jawa atau sampai mendapatkan rasa kunyit asam yang dikehendaki.

Seterusnya, leburkan serbuk yang masih menggumpal. Lakukan pada saat masih panas sebab bila telah dingin serbuk itu akan mengeras dan juga sulit dihancurkan.

Setelah tak ada lagi gumpalan-gumpalan serbuk, jamu kunyit asam siap disajikan hangat. Ketentuan minum ramuan tradisional ini 2x satu hari masing-masing 1/2 gelas diminum dengan teratur.

Resep jamu kunyit asam dingin 

Beberapa bahan :

Es kunyit asam dingin
~50 g kunyit
~50 g asam jawa
~100 g gula jawa
~300 ml air
~Potongan es batu

Langkah membuat : 

- Kupas dan juga bersihkan bersih kunyit, blender bersama dengan sedikit air.
- Masukan kunyit yang telah di blender, asam jawa, gula, dan juga air ke panci.
- Rebus sampai mendidih.
- Angkat lalu saring.
- Sediakan dengan potongan es batu supaya lebih segar.

Proses pengerjaan jamu kunyit asam memang mempunyai sedikit ketidaksamaan tergantung orang yang membuat. Kreasi resep minuman tradisional kunyit asam umumnya sesuai dengan bahan yang ada di sekitar. Anda juga dapat beli instant kunyit dalam paket botol atau serbuk kunyit untuk diproses sendiri lewat cara yang lebih praktis dan juga sederhana. Minum jamu kunyit asam dapat dibuktikan berfaedah menahan penyakit kanker, mendukung menurunkan cholesterol, memperlancar haid, dan juga baik untuk diet.

Manfaat jamu kunyit asam 

1. Diet detoks badan 

Faedah yang dapat diperoleh sepanjang melakukan diet kunyit asam ini ialah dapat membersihkan badan atau detoks. Dimana jamu ini bermanfaat untuk keluarkan toksin atau racun di badan kita. Perlu Anda tahu jika racun yang menumpuk tidak cuma berefek pada kesehatan, tetapi membuat badan kelihatan membuncit.

2. Menunjang skema metabolisme di badan 

Berat badan yang baik bisa dibantu dengan skema metabolisme badan yang baik. Metabolisme di badan akan memproses lemak yang ada jadi kekuatan. Dengan demikian, lemak tidak menumpuk. Tidak hanya itu, skema pencernaan semakin lebih teratasi. Inilah yang menjadi satu diantara kegunaan jamu kunyit asam.

3. Mengatur nafsu makan 

Kegunaan yang lain dari jamu kunyit asam ialah mengatur nafsu makan. Hal itu karena kandungan kimia yang ada di kunyit tersebut. Dengan demikian, perut akan berasa kenyang lebih lama. Bahkan juga mengkonsumsinya sebelum makan akan mengatur Anda untuk makan berlebihan.

4. Membakar lemak 

Manfaat minum jamu kunyit asam setelah itu adalah membakar lemak di tubuh. Lemak adalah satu diantara unsur berat tubuh bertambah. Tidak hanya itu, tumpukan lemak di badan pun tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, jamu ini dapat membakar lemak yang menumpuk di badan. Hal itu karena terdapatnya kandungan kurkumin yang memang bermanfaat membakar lemak. Ditambah lagi, Anda mengimbanginya dengan berolahraga teratur dan juga diet kalori.

Demikianlah Langkah membuat beserta aturan minum jamu kunyit asam untuk diet, semoga bermanfaat.


0 comments